Communication Carnival 2012

  • PDF
Multithumb found errors on this page:

There was a problem loading image /var/www/html/2011/images/stories/_DSC1797.JPG
There was a problem loading image /var/www/html/2011/images/stories/_DSC1764.JPG

 

Daul dan Sapi Sono’ Meriahkan Communication Carnival UTM 2012

Universitas Trunojoyo Madura menggelar kegiatan yang beda, di prakarsai oleh mahasiswa angkatan 2009 Jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Bisnis dari Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Budaya. Karnaval memang kegiatan yang tidak aneh dan tidak asing, tapi karnaval yang satu ini boleh dibilang lain dari pada yang lain. Kalau biasanya Karnaval hanya sekedar berbaris dan berjalan dengan tema mengangkat tradisi dan budaya berbagai macam daerah, tapi kali ini karnaval-nya beda. Ya, itu dia! COMMUNICATION CARNIVAL UTM 2012 dengan mengangkat tema “local culture for share.

 DSC1895

Karnaval komunikasi ini baru pertama kali dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan baru pertama juga hadir memeriahkan UTM. Sangat naif, selama bertahun-tahun kita berada dan belajar di tanah penghasil garam ini jika tidak tahu dengan apa yang Madura miliki, termasuk budayanya. Selama ini suasana kampus bahkan di tengah masyarakat Bangkalan, khususnya daerah Telang dan Kamal yang heterogen sangat minim akan eksplorasi budaya lokal Madura. Mengingat kembali kawasan kampus dan masyarakat sekitar berdomisili di daerah yang cukup dekat dengan kota besar- Surabaya, tentu hal ini menjadi tantangan kita untuk tetap melestarikan budaya lokal Madura sendiri.

Madura adalah pulau di bagian timur dari Provinsi Jawa Timur yang kaya akan potensi sumber daya alam dan budaya lokal yang kuat. Berawal dari keinginan kami Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bisnis untuk mengekslpor kreatifitas dan ide-ide cemelang, maka lewat karnaval komunikasi inilah semua itu dapat tertampung dan dikomunikasikan atau di-share dengan baik pada seluruh masyarakat bahwa, “inilah Madura kita!”

 DSC1797

Acara yang sekaligus menjadi pemenuhan UAS mata kuliah Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ini dimeriahkan sekitar 100 peserta dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Bisnis angkatan 2009 menggandeng rekan-rekan Himpunan Mahasiswa Komunikasi UTM, IMIKI UTM. Karnaval komunikasi ini dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah MICE, Ibu Dinara Maya Julijanti, S.Sos, M.Si yang sekaligus merangkap Pembantu Dekan I FISIB dan Ibu Sri Wahyuningsih, S.Sos, M.Si yang juga sekaligus sebagai Ketua Prodi Ilmu Komunikasi. Di samping itu, acara ini didelenggarakan sebagai pengisi acara Dies Natalis FISIB dan Universitas yang waktunya bersamaan. Sponsor yang turut mendukung acara ini antara lain, dari UTM, FISIB, Prodi Ilmu Komunikasi, Abel Fotocopy and Stationary, Bank BTN , dan rekan-rekan Media yaitu JTv Madura dan Radar Madura. Pemberitaan mengenai acara ini menghiasi program dan kolom media tersebut. Acara ini pun tak dapat berjalan tanpa pihak-pihak pendukung yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Acara ini rupanya mendapat perhatian banyak pihak. Amazing!

Communication Carnival UTM 2012 dimulai dari pukul 09.00 WIB diawali barisan awal di buka dengan parade “mantan dhisa’an” (pengantin ala desa masyarakat Madura) didampingi kacong cebbing Madura.

 DSC1764

Di barisan kedua diisi dengan parade batik dengan delapan peserta mahasiswi yang dengan anggun memamerkan dan mengenalkan Batik khas Madura yang anggun. Selanjutnya, ada parade Sapi Sono’ yang menjadi salah satu penampilan terbaik di karnaval komunikasi ini. Ada sekitar 20 orang dalam barisan sapi Sono’. Kehadiran sapi sono’ dalam karnaval ini membuka dan mengingatkan kembali mengenai budaya ini pada masyarakat kita bahwa Madura tak hanya punya karapan sapi. Tapi, juga ada sapi sono’ yang menggambarkan keanggunan dan kemolekan sapi betina. Sapi betina ini menari dan berjalan dengan gemulai ibarat jika kita konotasikan dengan model di atas catwalk. Sapi sono’ ini berjalan di iringi penari dan seruan musik tradisional Madura –saronenan. Sedangkan karapan sapi adalah simbol ketangguhan dan keberanian sapi jantan. Sapi madura saat ini sangat terkenal dan dilestarikan. Bahkan, saat ini pemerintah daerah melarang sapi Madura diperjual belikan dan keluar dari Madura. Kehadirannya di tengah kita saat itu mengundang massyarakat, mahasiwa, bahkan Rektor UTM kita serta segenap akademisi yang berebut mengabadikan momen ini bersama mereka pribadi.

Setelah sapi sono’ menyusul barisan karnaval dari sumber daya alam Madura. Lewat bagian ini kita bisa tahu apa saja keunngulan Madura. Dengan dibawa oleh sepuluh perempuan Madura dengan pakaian rakyat Madura, masing-masing membawa ‘bakul’ yang diisi dengan ketela pohon, jagung, beras atau padi, garam, petis madura, keripik tette, kerupuk tanggok, terasi khas madura, ikan kering, dan sebagainya. Barisan karnaval dari kuliner madura juga menjadi pengisi karnaval ini, yaitu sate madura. Sate madura, satu kuliner unggulan madura yang sudah terkenal di mana pun. Selanjutnya, barisan ‘Carok’ yang tak kalah menarik, di sini kami menegaskan bahwa carok bukanlah budaya masyarakat Madura. Carok hanyalah mindset yang salah yang tertanam dalam masyarakat umum. Padahal esensi carok adalah wacana mengenai prinsip hidup masyarakat mengenai harga diri masyarakat madura yang sangat dipertahankan.

 DSC1905

Setelah parade carok, musik daul khas kabupaten Pamekasan tampil sebagai penutup sekaligus puncak dari barisan karnaval. Musik daul ‘Gempar’ berhasil menyedot perhatian masyarakat banyak. Bahkan Bapak Rektor kita bersama Ibu Dekan FISIB naik ke atas kereta musik daul yang megah itu dengan sangat bangga dan berbahagia. Perhatian kampus menjadi teralih dengan adanya karnaval komunikasi yang masuk ke area kampus. “ini menjadi wadah yang sangat positif yang sebelumnya belum ada, karena memang perlu diakui bahwa UTM haus akan hiburan seperti ini,” Ujar Pak Rektor.

 DSC1924

Perlu diakui bahwa acara Carnaval Communication UTM 2012 kali ini benar-benar mendapat perhatian dan respon positif dari semua kalangan. Dengan kegiatan semacam ini dapat menjadi awal dan pelopor kegiatan-kegiatan serupa yang lebih kreatif dan inovatif. Sesuai dengan namanya, Carnaval Communication UTM 2012 bertujuan untuk mengkomunikasikan bahwa inilah budaya kita –Madura- yang patut untuk dilestarikan dan dicintai generasi penerus. 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

 

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan