SEMINAR AGROINDUSTRI DAN LOKAKARYA NASIONAL FKPT – TPI 2015

  • PDF

 

SEMINAR AGROINDUSTRI DAN LOKAKARYA NASIONAL FKPT – TPI 2015

DSC 7264

Seminar Agroindustri Dan Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Teknologi Pertanian Indonesia ( FKPT – TPI ) 2015 yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian Se- Indonesia membahas isu – isu strategis kemandirian Pangan, Energi, dan Kemaritiman secara berkelanjutan guna mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan, energy dan kemaritiman. Secara umum Kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional akan menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk mendukung program pemerintah, praktisi dalam bidang teknologi pertanian.

DSC 7260

Acara ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo yang diwakilkan Oleh : Dr. Ir. RB. Fattah Jasin, MS. ( Kepala BAPPEPROV Jawa Timur ). Dalam Sambutannya Dr. Ir. RB. Fattah Jasin, MS. memaparkan Provinsi Jawa Timur dewasa ini menjadi leading sector dalam Kemandirian pangan salah satunya komoditi beras Jawa Timur mengalami surplus sebesar 4,5 juta ton, gula yakni 48%, Garam 50%, bahkan Tembakau 60% produksi nasional berasal dari Jawa Timur, Harapannya adalah melalui Seminar dan Lokakarya ini Dr. Ir. RB. Fattah Jasin, MS. berharap membutuhkan masukan maupun peranan strategi kedepan dengan bersama sama menghadapi Free Trade Asean.

DSC 7268

Dengan Keynote Speaker Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Bapak Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D yang diwakilkan Oleh : Dr. Ir. Agus Puji Prasetyo M.Eng ( Staff Ahli KEMENRISTEKDIKTI Bidang Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas ).

DSC 7249

Serta sambutan Rektor Universitas Trunojoyo Madura , Dr. Drs. H. Muh. Syarif. MS. Acara ini juga menghadirkan paparan menarik dari Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali, M.Sc. ( Pakar Energi IPB ) Berjudul Peranan Teknologi Pertanian dalam Mewujudkan Kemandirian Energi Berkelanjutan, Selanjutnya Ir. Najih ( PT. Kelola Mina Laut ) dengan materi paparan tentang Peranan Teknologi Pertanian Dalam Mewujudkan Kemandirian Maritim Berkelanjutan, Serta Ir. Umi Purwandari, M.App.Sc.,Ph.D ( Pakar Pangan UTM ) yang membawakan peranan Teknologi Pertanian Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan. Kegiatan tersebut juga menghadirkan Direktur Pembelajaran DIKTI untuk pembahasan rumpun ilmu dan gelar lulusan teknologi Pertanian serta BAN PT tentang pendirian LAM ( Lembaga Akreditasi Mandiri ).

Setelah Acara Seminar, Kegiatan dilanjutkan dengan 6 Agenda pertemuan antara lain Forum Dekan Teknologi Pertanian Se - Indonesia, Pertemuan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia ( PATPI ), Pertemuan Asosiasi Profesi Teknologi Agoindustri ( APTA ), Pertemuan Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia ( PERTETA ) yang kemudian di tutup dengan Field Trip pada hari kedua kebeberapa lokasi tujuan UKM Batik dan Jamu Madura dan Mengunjungi Jembatan Terpanjang di Indonesia ( Suramadu ).

Acara ini dehadiri Oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai kalangan baik akademisi, Kalangan Agroindustri dari berbagai daerah mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Harapan Kedepan Perguruan Tinggi dapat lebih berperan aktif dalam mendukung terwujudnya Kemandirian Maritim, Pangan, dan Energi Berkelanjutan sehingga ketergantungan terhadap permasalahan tersebut dapat teratasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh