UTM Menggelar Seminar dan Kuliah Umum se-Madura untuk Mempersiapkan MEA 2015

  • PDF

 UTM Menggelar Seminar dan Kuliah Umum se-Madura

untuk Mempersiapkan MEA 2015

 DSC 9765

Bangkalan, (25/3/2015) Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Seminar-Kuliah Umum Masyarakat Ekonomi Asean dengan tema “Upaya Meraih Peluang Bagi UMKM Indonesia”yang bekerjasama dengan Dirjen Kerjasama Ekonomi Asean Kementerian Luar Negeri. Acara ini berlangsung di Grha Utama lantai 10 yang dimulai pada jam 08.00 WIB. acara ini dibuka oleh Pembantu Rektor III H.Boedi Mustiko,S.H., M.Hum. Yang dilanjutkan dengan presentasi oleh Ina Hagnining Tyas Krisnamurthi sebagai narasumber selama 10 menit.

DSC 9803

Dalam paparannya Ina Hagnining Tyas Krisnamurthi selaku Ditjen Kerjasama ASEAN mengatakan bahwa masyarakat harus mempersiapkan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), karena meskipun Indonesia Negara yang paling luas diantara Negara ASEAN yang lain akan tetapi Indonesia butuh pada Negara ASEAN karena kualitas dan kuantitas SDM di Indonesia rendah, serta penggunaan teknologi, dan tentunya penghasilan juga rendah. Meskipun demikian Indonesia masih bisa bersaing dengan malaysia dan singapura dalam bidang teknologi ASEAN SME Policy Index dan SME Access To finance.

DSC 9766

Asep Kamarudin sebagai narasumber yang kedua selaku Asisten Deputi Urusan Perkaderan mengatakan bahwasanya “ siapapun diri anda entah pegawai atau apa, anda harus kembali pada diri anda sendiri” sekaligus menambahkan bahwa ada empat pilar MEA, Komunitas Ekonomi Asia 2015. Pertama, pasar tunggal dan basis produk regional. Kedua, kawasan berdaya saing tinggi. Ketiga, kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata. Keempat, integritas dengan perekonomian global.

Seiring dengan bertumbuhnya perekonomian Indonesia dengan adanya pasar global ini Indonesia harus bisa bersaing dan mampu menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas. Dan juga mampu mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah untuk bisa mempersiapkan MEA ini agar bisa meningkatkan perekonomian Indonesia terutama di ASEAN.

            Seminar ini di hadiri oleh 150 peserta, yang meliputi para Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangkalan, LSM, Dinas UMKM, Dinas Perindustrian, Ketua Komisi B DPRD, Kadin, Pengusaha properti, Pengusaha UMKM, Praktisi, Perbankan, serta para tokoh masyarakat se- Madura acara seminar berakhir pada jam 12 dan dilanjutkan dengan kuliah umum sampai jam 4 sore. (a’yun#humas#utm)

Share this post

Add comment


Security code
Refresh